Pengantar Kuliah : Psikologi Pendidikan

 


Judul Mata Kuliah : Psikologi Pendidikan

Program Studi       : Pendidikan Agama Islam (PAI) S1

Semester/T.A        : Ganjil/2023/2024

Dosen Pengampu  : Yusriani, S.Pd., M.Pd.

Teknis Perkuliahan

1. Total Pertemuan : 16 x pertemuan

2. Bentuk Pertemuan : 14 x pertemuan tatap muka teori (1 x UTS dan 1 x UAS)

3. Kehadiran minimal 80 % (13 Pertemuan)

4. Tugas : tugas individu dan tugas kelompok

Rules Perkuliahan

1. Toleransi keterlambatan hadir : 10 menit dari jadwal yang ditentukan.

2. Jika berhalangan mengikuti perkuliahan langsung menginformasikan kepada dosen yang bersangkutan.

3. Berpakaian sesuai dengan tata tertib kampus

4. Tugas = Plagiat = Nilai Error

Deskripsi Mata Kuliah

Mata Kuliah Psikologi pendidikan merupakan mata kuliah yang mengkaji dan membahas konsep dasar psikologi pendidikan, tugas-tugas dan teori perkembangan, perbedaan individu, belajar dan pembelajaran, teori belajar, evaluasi hasil belajar, diagnostik kesulitan belajar, serta penerapannya dalam bidang pendidikan.

Pentingnya Psikologi Pendidikan bagi calon Pendidik

1. Untuk memahami keadaan peserta didik

2. Untuk menciptaka kondisi belajar yang kondusif

3. Untuk menentukan strategi pembelajaran yang tepat

4. Untuk memudahkan dalam membimbing peserta didik

Materi Perkuliahan

Minggu ke

Materi

1

Kuliah Pengantar Psikologi Pendidikan

2

Konsep Dasar Psikologi Pendidikan

3

Teori Perkembangan serta Aplikasinya dalam Pendidikan

4

Konsep Dasar serta Area Perbedaan Individu

5

Aplikasi Keragaman Individu dalam Pendidikan

6

Hakekat Belajar dan Pembelajaran

7

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Belajar

8

UTS (Ujian Tengah Semester)

9

Teori Belajar (Behaviorisme, Kognitivisme, Humanisme dan Konstruktivisme)

10

Aplikasi Teori Psikologi Pendidikan dalam Pola Pembelajaran

11

Teori Motivasi Belajar

12

Konstribusi Psikologi Pendidikan terhadap Dunia Pendidikan

13

Konsep, Fungsi, Sifat Evaluasi Hasil Belajar

14

Prinsip-prinsip dan Macam-macam Alat Evaluasi

15

Konsep Dasar, Langkah-langkah serta Tindak Lanjut Diagnostik Kesulitan Belajar

16

UAS (Ujian Akhir Semester)

Kriteria Penilaian

Pembobotan yang digunakan untuk menentukan nilai akhir mata kuliah Psikologi Pendidikan yakni:

1. Kehadiran        20%

2. Tugas               20%

3. Partisipasi        20%

4. UTS                 20%

5. UAS                20%

Keterangan Penilaian

A = 85 – 100

B = 70 – 84

C = 60 – 69

D = 50 – 59

E = 00 – 49

0 Comments:

Post a Comment