Tulang Penyusun Rangka Tubuh Manusia

Rangka Tubuh Manusia

Rangka tubuh manusia tersusun atas beraneka macam bentuk tulang yang saling berhubungan. Sehingga, tulang merupakan komponen yang menyusun terbentuknya rangka. Sedangkan, hubungan antar tulang akan membentuk sendi (artikulasi). Rangka tubuh manusia dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian yakni tengkorak, rangka badan, dan anggota gerak.

Fungsi rangka tubuh manusia, antara lain sebagai berikut.

1.     Berfungsi sebagai tempat melekatnya otot.

2.     Berfungsi menegakkan badan, contohnya ruas tulang belakang.

3.  Berfungsi memberi bentuk badan, contohnya tulang pada tengkorang membentuk struktur wajah manusia

4. Berfungsi melindungi bagian-bagian tubuh yang penting, contohny tulang rusuk melindungi jantung dan tengkorang melindungi otak dan mata.

5. Berfungsi sebagai tempat pembuatan sel darah merah dan sel darah putih, yakni didalam sumsum tulang.

6.    Berfungsi sebagai alat gerak pasif.

Rangka tubuh manusia

Macam-macam tulang penyusun rangka tubuh manusia

Tengkorak

Tengkorak sebagian besar tersusub atas tulang-tulang yang pipih. Tulang tersebut bersambungan sedemikian rupa sehingga membentuk rongga. Rongga tersebut berisikan otak. Tulang tengkorak dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu tulang bagian kepala dan tulang bagian muka. Tulang tengkorak saling bersambungan rapat. Sebagian besar tulang tengkorak tidak dapat digerakkan, kecuali tulang rahang bawah yang dapat digerakkan terhadap tulang rahang atas yang terdapat pada tulang muka.

Tulang tengkorak

Rangka badan

Rangka badan terdiri atas ruas-ruas tulang belakang, tulang dada, tulang rusuk, tulang gelang bahu, dan tulang panggul. Tulang belakang, tulang rusuk, dan tulang dada membentuk rongga dada yang melindungi jantung dan paru-paru.

Tulang belakang

Tulang belakang memiliki karakteristik kuat tapi fleksibel untuk menyangga kepala. Ruas-ruas tulang belakang membentuk saluran sumsusm tulang belakang. Rulang belakang tersusun atas  33 ruas yaitu: 7 ruas tulang leher, 12 ruas tulang punggung, 5 ruas tulang pinggang, 5 . ruas tulang kelangkang, dan 4 ruas tulang ekor.

Ruas tulang leher yang pertama disebut atlas dan yang kedua disebut tulang pemutar. Dua belas ruas tulang punggung merupakan tempat melekatnya 12 tulang rusuk. Kelima ruas tulang kelangkang pada orang dewasa telah menyatu. Begitupun dengan keempat ruas tulang ekor pada orang dewasa telah menyatu.

Ruas tulang belakang
Tulang dada dan tulang rusuk

Tulang dada

Tulang dada memiliki karakteristik berbentuk pipih panjangnya sekitar 15 cm. Tulang dada terletak di bagian tengah dada. Tulang dada mempunyai bagian hulu, badan, dan tajung pedang. Bagian hulu berhubungan dengan tulang selangka, sedangkan bagian badan berhubungan dengan 7 pasang tulang rusuk.

Tulang rusuk

Tulang rusuk terdiri atas 12 pasang, yang dapat kita bagi atas tiga kategori, antara lain sebagai berikut.

a)  7 pasang tulang rusuk sejati. Bagian depan tulang rusuk ini melekat pada tulang dada dan bagian belakang melekat pada tulang punggung.

b)  3 pasang tulang rusuk palsu. Bagian depan tulang rusuk ini melekat pada tulang rusuk di atasnya dan bagian belakang melekat pada tulang punggung.

c)   2 pasang tulang rusuk melayang. Bagian depan tulang rusuk ini melekat pada tulang yang lain dan tulang belakang melekat pada tulang punggung.

Susunan rangka tubuh manusia

Gelang bahu

Gelang bahu terdiri atas tulang selangkang dan tulang belikat. Tulang selangkang memiliki jumlah sepasang yang terletak di sebelah kanan dan kiri. Tulang selangkang menghubungkan bahu dengan tulang dada pada bagian hulu. Tulang belikat juga memiliki jumlah sepasang yang terletak di sebelah kanan kiri tubuh bagian belakang. Tulang belikat memiliki karakteristik berbenuk pipih dan memiliki tonjolan yang disebut paruh gagak.

Gelang panggul

Gelang panggul terdiri atas  2 tulang usus (ilium), 2 tulang kemaluan, dan 2 tulang duduk yang bergabung menjadi satu.

Tulang anggota badan

Tulang anggota badan terdiri atas tulang lengan dan tulang tungkai. Tulang lengan berhubungan dengan gelang bahu. Tulang tungkai berhubungan dengan gelang panggul. Tulang tungkai menyangga tubuh untuk berdiri sehingga kita dapat bergerak secara bebas.

Tulang anggota badan: tulang lengan dan tulang tungkai

Rujukan

Syamsuri, Istamar. IPA Biologi. Jakarta: Erlangga.


0 Comments:

Post a Comment