Perbedaan Model, Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, dan Taktik Pembelajaran

Perbedaan Model, Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, dan Taktik Pembelajaran

Diagram hubungan Model, Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, dan Taktik Pembelajaran

Model Pembelajaran

Model pembelajaran merupakan bingkai atau bungkus dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran. Dengan kata lain, model pembelajaran adalah bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas pembelajaran.

Contoh model pembelajaran:

1)    model pembelajaran project based learning (PjBL)

2)    model pembelajaran inquiry based learning

3)    model pembelajaran cooperative learning, dll

Pendekatan Pembelajaran

Pendekatan pembelajaran adalah titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, didalamnya mewadahi, menginspirasi, melatar belakangi, menguatkan metode pembelajaran dengan cakupan teoritis tertentu.

Contoh Pendekatan pembelajaran, yaitu:

1) Pendekatan berpusat pada peserta didik (student centered approach)

2) Pendekatan berpusat pada guru (teacher centered approach)

3) Pendekatan kontekstual, dll

Strategi Pembelajaran

Strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan peserta didik agar tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dapat tercapai secara efektif dan efisien. Strategi pembelajaran sifatnya masih konseptual untuk mengimplementasikannya maka digunakan metode pembelajaran tertentu.

Contoh strategi pembelajaran:

1) Strategi pembelajaran ekspositori

2) Strategi pembelajaran heuristic

Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran (menurut Slameto, 2003) adalah cara yang harus dilalui di dalam mengajar. Metode juga dapat diartikan cara yang digunakan dalam rangka mengimplemtasikan rencana kegiatan pembelajaran yang telah disusun untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Contoh metode pembelajaran:

1) Metode Pembelajaran Diskusi

2) Metode Pembelajaran Ceramah

3) Metode Pembelajaran Demonstrasi, dll

Teknik Pembelajaran

Teknik pembelajaran merupakan cara yang dilakukan seseorang guru dalam menerapkan suatu metode pembelajaran secara spesifik. Guru dapat menggunakan variasi teknik pembelajaran dalam satu metode pembelajaran, tergantung kondisi siswa di kelas.

Contoh teknik pembelajaran:

1) Teknik penggunaan metode ceramah di kelas besar berbeda dengan kelas yang jumlahnya sedikit

2) Teknik penggunaan metode tanya jawab di kelas yang aktif berbeda dengan kelas yang pasif, dll

Taktik Pembelajaran

Taktik pembelajaran merupakan gaya seorang guru dalam melaksanakan metode atau teknik pembelajaran tertentu yang bersifat individual. Taktik juga dapat dikatakan ciri khas dari seseorang dalam memberikan suatu perlakuan.

Contoh taktik pembelajaran:

1)  Guru menjelaskan materi dengan menyelipkan kalimat humor untuk menarik perhatian siswa

2) Guru menyampaikan materi dengan video dan media digital karena menguasai IT

3) Guru mengadakan game untuk memecah kesunyian di kelas, dll

Penjelasan lebih lanjut

Contoh perbedaan Model, pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, dan Taktik Pembelajaran. Anisa adalah seorang guru wali kelas X. Dia akan mengajarkan Mata Pelajaran Agama Islam dengan materi “tanda-tanda orang beriman” dengan menggunakan model Pembelajaran berbasis inquiry, pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan student centered, karena peserta didik diharapkan dapat memecahkan masalah, menjawab pertanyaan, merumuskan pertanyaan mereka sendiri, berdiskusi selama di kelas, dimana siswa berkerja dalam tim. Strategi yang digunakan adalah strategi heuristic yang memungkin peserta didik untuk memahami materi pembelajaran dengan menjadikan heureskein (saya menemukan) sebagai acuan untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Metode yang digunakan selama proses pembelajaran yakni Metode diskusi, tanya jawab, dan ceramah. Peserta didik kelas X ternyata termasuk kelas gemuk, jumlah peserta didik 38 orang. Anisa berinisiatif menggunakan Teknik  dengan memberikan isyarat diam dengan mengepalkan tangan dan mengeraskan suara saat menggunakan metode ceramah. Taktik yang Anisa gunakan Ketika peserta didik mulai mengantuk atau ribut dengan menyelipkan humor agar pesera didik Kembali bersemangat.

0 Comments:

Post a Comment