Presentasi Seminar Proposal yang Efektif

Presentasi Seminar Proposal yang Efektif

sumber: www.rumahstudio.com

Secara umum presentasi adalah berbicara atau berkomunikasi dihadapan orang banyak untuk menyampaikan suatu gagasan, ide, materi, dan sebagai narasumber atau hal lainnya. Presentasi harus dilaksanakan dengan baik agar setiap maksud yang  akan disampaikan oleh pemateri dapat dipahami dan menarik perhatian audiens. Oleh karena itu diperlukan bahan presentasi yang menarik dan interaktif  serta tidak membosankan.

Bahan presentasi yang akan dipaparkan kepada audiens biasanya dibuat dengan aplikasi-aplikasi seperti Microsoft Powerpoint, Prezi, dan lain-lain. Media yang paling sering digunakan adalah Microsoft Powerpoint karena pada umumnya aplikasi tersebut sudah tersedia pada komputer/laptop.


Tujuan Presentasi

1.  Menyampaikan informasi

2.  Mempengaruhi audiens dengan suatu gagasan

3. Memotivasi dan menginspirasi audiens agar tujuan penyampaian gagasan lebih mudah dimengerti

4. Membuat audiens bisa mencetuskan gagasan baru sesuai keinginan yang melakukan presentasi.

5. Memperkenalkan sesuatu

6. Mempromosikan suatu produk agar memikat bagi audiens

7. Memberikan materi pembelajaran agar mudah dipahami audiens

8. Menyampaikan sebuah berita dalam bentuk fakta yang factual.

9. Menuturkan sebuah berita menjadi lebih sederhanan mudah dipahami audiens

10. Menyampaikan permasalahan, solusi, dan cara kerja.


Cara presentasi seminar proposal yang efektif

1. Pastikan telah membuat proposal

Langkah pertama yang wajib dilakukan sebelum mulai presentasi proposal ialah memastikan telah menyelesaikan proposal itu sendiri. Pastikan juga bagian-bagiannya telah tersusun secara lengkap dan sistematis tanpa ada yang terlewat satupun. 

2. Pahami Materi Proposal

Pahami setiap bagian dengan matang. Misalnya menguatkan kembali motivasi dalam diri yang mendasari alasan penelitian tersebut dipilih untuk dilakukan.

3. Buat Media Presentasi

Pakai media untuk mempermudah penyampaian. Usahakan media yang dipakai sederhana saja namun poin-poinnya mampu tersampaikan dengan jelas. Misalnya, jika memakai PPT maka pastikan panjangnya maksimal sekira 15an halaman, itu pun termasuk pembuka dan ucapan terimakasih di akhir slide.

4. Perbanyak Latihan Pra Seminar

Mengadakan simulasi latihan secara mandiri dengan bantuan dari teman akan sangat membantu dalam mengoptimalkan penguasaan materi presentasi. Cara ini juga efektif mengatur durasi waktu presentasi yang direncanakan. Selain itu, kita bisa mengoreksi apabila ada sesuatu yang dirasa kurang pas saat latihan dilaksanakan. 

5. Kuasai Audiens

Secara umum, keberadaan audiens sering kali memberi dampak psikologis yang nyata, khususnya bagi mahasiswa demam panggung. Karenanya, usahakan tetap fokus dan yakini bahwa seminar ini bukanlah sidang melainkan ajang diskusi untuk menyempurnakan rancangan.

6. Sampaikan Poin Proposal dengan Singkat, Padat, dan Jelas

Mulai presentasi proposal yang telah disiapkan. Jalankan semuanya dengan tenang agar setiap poin dalam proposal tersampaikan lengkap. Terlebih lagi, kelengkapan dan kejelasan materi ini akan menjadi salah satu indikator penting bahwa mahasiswa terkait sudah siap terjun untuk melakukan penelitian. 

7. Yakinkan Urgensi Penelitian

 Perlu ditekankan kembali pada audiens urgensi dari penelitian yang akan dilaksanakan. Tunjukan, betapa pentingnya rancangan ini dan peranan penelitian dalam pemecahan masalahnya nanti. Ini menjadi salah satu penilaian penting apakah sebuah penelitian bisa dikatakan layak atau tidak layak untuk dilanjutkan nantinya. 

8. Datang Lebih Awal dari Jadwal yang Ditentukan

Datang mepet atau malah terlambat akan menurunkan tingkat kesiapan kita. Oleh karena itu, datanglah minimal 30 menit dari jadwal yang sudah ditetapkan.Dengan datang sebelum jadwal, maka kita akan punya waktu lebih banyak untuk mempersiapkan diri, seperti menenangkan diri dan mempersiapkan peralatan.

9. Berdoa Sebelum dan Sesudah Kegiatan

Terakhir, namun merupakan bagian yang paling penting ialah jangan pernah lupa untuk meminta kelancaran pada Allah SWT. Baiknya, selalu membiasakan diri mengawali dan mengakhiri usaha dengan doa yang tulus dari hati, agar hasilnya bisa lebih mantab dan sesuai dengan bayangan yang diharapkan.


Langkah-langkah Presentasi Proposal

1. Salam Pembuka

Sesi ini pertama yang harus dilakukan adalah baca basmalah lanjut dengan meyapa penguji dan pembimbing, terakhir salam dan kalimat Pembuka. Contoh:

Basmalah

Bismillahirrahmanirrahiim,

Sapaan Penguji dan Pembimbing

yang terhormat (sebutkan nama dosen beserta gelar) sebagai dewan penguji satu, yang saya hormati (sebutkan nama dosen beserta gelar) sebagai dewan penguji dua, yang saya hormati (sebutkan nama dosen beserta gelar) sebagai dewan penguji tiga, yang saya hormati (sebutkan nama dosen beserta gelar) selaku pembimbing satu dan yang saya hormati (sebutkan nama dosen beserta gelar) selaku pembimbing dua. Terima kasih sudah berkenan hadir. Terima kasih juga untuk teman-teman yang sudah datang untuk menyaksikan dan mendukung saya.

Salam dan kalimat Pembuka Presentasi

Assalamu'alaikum warahmatullahhi wabarakatuh.

Alhamdulillah segala puji bagi Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, yang membalas doa hamba-hamba-Nya, apabila kita berdoa dan mengingat-Nya.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji kehadiran Allah Swt. yang mana telah mempertemukan kita dalam acara ... dengan keadaan sehat wal afiat.

Selawat serta salam tak lupa mari kita junjung tinggi kepada Baginda Nabi Muhammad saw. bersama ahlul baitnya, juga kepada guru-guru kami, orang tua kami saudara kami, pemimpin-pemimpin kami, muslimin dan muslimat, yang terdahulu juga yang akan datang.

2. Perkenalan Diri

Sesi ini perkenalkan identitas diri anda nama, nim, prodi. Contoh:

Hari ini, ... tanggal ..., saya ...

3. Sampaikan Maksud dan Tujuan Presentasi

Sesi ini sampaikan maksud dan tujuan presentasi anda. Contoh:

Akan mempresentasikan hasil skripsi saya, yang berjudul .... Ada ….. poin penting akan saya sampaikan. Dan saya akan langsung mulai dari poin pembahasan yang pertama yaitu .... "

4. Sampaikan Materi

Sesi ini adalah inti dari presentasi, sedangkan sesi lainnya merupakan pendukung untuk suksesnya sesi inti ini. Jadi, pastikan beberapa hal saat menyampaikan isi materi yaitu: sampaikan secara meyakinkan, tidak bicara terburu-buru, mengatur nafas dan mengatur nada bicara, bisa improvisasi jika ada audiens yang mengantuk, melakukan eye contact dengan audiens, dan anda bisa menyiapkan catatan kecil jika perlu.

5. Tanya Jawab

 Jangan lupa untuk memoderatori tanya jawab. Misalnya, pertanyaan hanya dibatasi untuk sekian orang, lalu lihat waktu untuk tanya jawab ini jangan sampai “kebablasan”. Dan catatlah dalam slide atau kertas

6. Kesimpulan

7. Salam Penutup

Pada sesi akhir ini, sampaikan ucapan terimakasih kepada audiens, berikan kesan akhir yang baik dan meyakinkan bahwa presentasi kamu sukses. Jangan lupa senyum ^_^


Cara Membuat Slide Presentasi

1. Meminimalkan jumlah slide

2. Pilih font yang mudah dibaca audiens

3. Pilih font yang dapat dibaca audiens dari kejauhan

4. Membuat teks tetap sederhana dengan menggunakan poin atau kalimat singkat

5. Menggunakan grafik dalam membantuu menyampaikan pesan presentasi

6. Membuat label untuk began dan grafik agar mudah dimengerti

7. Membuat latar belakang slide tetap halus dan konsisten

8. Menggunakan kontras tinggi antara warna latar belakang dan warna teks

Memeriksa ejaan dan tata bahasa

0 Comments:

Post a Comment