Model Pembelajaran Berbasis Masalah Atau Problem Based Learning (PBL)

A. Pengertian Model Pembelajaran Berbasis Masalah Atau Problem Based Learning (PBL)
Pembelajaran
berbasis masalah merupakan suatu model pembelajaran yang menantang peserta
didik untuk “belajar bagaimana belajar”, bekerja secara berkelompok untuk
mencari solusi dari permasalahan dunia nyata. Masalah yang diberikan ini
digunakan untuk mengikat peserta didik pada rasa ingin tahu pada pembelajaran
yang dimaksud. Masalah diberikan kepada peserta didik, sebelum peserta didik
mempelajari konsep atau materi yang berkenaan dengan masalah yang harus
dipecahkan.
Menurut
Duch (1995) dalam Aris Shoimin (2014:130) mengemukakan bahwa pengertian dari
model Problem Based Learning adalah: model pengajaran yang bercirikan
adanya permasalahan nyata sebagai konteks untuk para peserta didik belajar
berfikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah serta memperoleh
pengetahuan.
Finkle
and Torp (1995) dalam Aris Shoimin (2014:130) menyatakan bahwa: PBM merupakan
pengembangan kurikulum dan sistem pengajaran yang mengembangkan secara stimulan
strategi pemecahan masalah dan dasar-dasar pengetahuan dan keterampilan dengan
menempatkan para peserta didik dalam peran aktif sebagai pemecah permasalahan
sehari-hari yang tidak terstruktur dengan baik.
Dua
definisi diatas mengandung arti bahwa PBL atau PBM merupakan suasana
pembelajaran yang diarahkan oleh suatu permasalahan sehari-hari.
Sedangkan
menurut Kamdi (2007:77) berpendapat bahwa: Model Problem Based Learning
diartikan sebagai sebuah model pembelajaran yang didalamnya melibatkan siswa
untuk berusaha memecahkan masalah dengan melalui beberapa tahap metode ilmiah
sehingga siswa diharapkan mampu mempelajari pengetahuan yang berkaitan dengan
masalah tersebut dan sekaligus siswa diharapkan akan memilki keterampilan dalam
memecahkan masalah.
Dari
beberapa definisi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
Problem Based Learning menjadi sebuah pendekatan pembelajaran yang berusaha
menerapkan masalah yang terjadi dalam dunia nyata sebagai sebuah konteks bagi
para siswa dalam berlatih bagaimana cara berfikir kritis dan mendapatkan
keterampilan dalam pemecahan masalah, serta tak terlupakan untuk mendapatkan
pengetahuan sekaligus konsep yang penting dari materi ajar yang dibicarakan
B. Karakteristik Model Pembelajaran Berbasis Masalah Atau Problem Based Learning (PBL)
Karakteristik Problem Based Learning PBL
memiliki karakteristik sebagai berikut:
1. Belajar dimulai dengan satu masalah,
2. Memastikan bahwa masalah tersebut berhubungan
dengan dunia nyata siswa,
3. Mengorganisasikan pelajaran seputar masalah,
bukan seputar disiplin ilmu,
4. Memberikan tanggung jawab yang besar kepada
siswa dalam membentuk dan menjalankan secara langsung proses belajar mereka
sendiri,
5. Menggunakan kelompok kecil,
6. Menuntut siswa untuk mendemonstrasi-kan yang
telah mereka pelajari dalam bentuk produk atau kinerja.
C. Langkah-langkah Model Pembelajaran Berbasis Masalah Atau Problem Based Learning (PBL)
Adapun langkah-langkah model pembelajarannya berbasis
masalah adalah sebagai berikut.
1.
Menjelaskan
orientasi permasalahan pada peserta didik
Pada tahap ini guru akan memberikan
penjelasan tentang tujuan pembelajaran serta proses agar peserta didik
termotivasi untuk belajar.
2.
Mengorganisasi
peserta didik dalam belajar
Pada tahap ini, guru mengorganisir tugas yang
akan diberikan pada peserta didik, misalnya penentuan topik, prosedur tugas,
dan sebagainya.
3.
Memberikan
bimbingan pada individu maupun kelompok
Guru membimbing peserta didik agar mereka
bisa mendapatkan sumber atau referensi yang sesuai untuk permasalahan yang
ditugaskan.
4.
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya peserta didik
Pada tahap ini, peserta didik akan dibantu
oleh guru dalam mempersiapkan hasil yang akan dilaporkan, misalnya laporan,
dokumentasi, rekaman, serta teori pendukung lainnya.
5.
Melakukan
analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah
Guru meminta peserta didik untuk merefleksi
dan mengevaluasi hasil yang diperoleh, baik dari sisi proses maupun metode.
D. Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Atau Problem Based Learning (PBL)
Kelebihan problem based learning.
1. Peserta didik dilatih untuk selalu berpikir
kritis dan terampil dalam menyelesaikan suatu permasalahan.
2. Bisa memicu peningkatan aktivitas peserta
didik di kelas.
3. Peserta didik terbiasa untuk belajar dari
sumber yang relevan.
4. Kegiatan pembelajaran berjalan lebih kondusif
dan efektif karena peserta didiknya dituntut untuk aktif.
Kekurangan problem based learning
1. Tidak semua materi pembelajaran bisa
menerapkan model ini.
2. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan
materi pembelajaran lebih lama.
3. Bagi peserta didik yang belum terbiasa menganalisis suatu permasalahan, biasanya enggan untuk mengerjakannya.
4. Jika jumlah peserta didik dalam satu kelas terlalu banyak, guru akan kesulitan untuk mengondisikan penugasan.
0 Comments:
Post a Comment